Saya dapat penugasan mengikuti assesment di Gedung BPKP pada hari Selasa, 15 Oktober 2019 bersama dengan 4 orang auditor Muda lainnya di lingkungan Itjen KESDM. Awalnya saya baca-baca dahulu tentang apa itu Assesment center dengan link http://www.bpkp.go.id/sesma/konten/237/mac-manfaat
Assesment di lakukan dari Pagi jam 8 sampai Sore Jam 6 sesuai jadwal dalam gambar ini:
Beberapa hal yang menarik pada saat assement ini adalah:
1. Foto dahulu dan diberikan kartu peserta assesment sebelum dimulai assesment
2. Diberikan snack, kopi, air mineral dan makan siang sesuai jadwal
3. Awalnya dimulai dari Psikotest Intelegence Quotient (IQ) dengan beberapa gambar dan diulang. Awalnya saya kurang fokus karena kurang tidur dan test keduanya cukup bisa menjawab semua soal.
Setelah saya mengalami hal ini, ternyata ini termasuk CFIT = Culture Fair Intelligence Test .Sepertinya nilai saya rendah pada psikotest ini karena masih mengantuk. Lain kali harus cukup istirahat dan latihan soal CFIT. silahkan dibaca link berikut ini http://lamapedia.blogspot.com/2018/05/psikotes-gambar.html
4. Selanjutnya ada Group Discussion. Ada satu kasus dan dibahas bersama dalam satu meja.
Saya kurang tau penilainnya namun disini banyak asesor dalam ruangan. Tapi upayakan semua orang didalamnya aktif berbicara. mungkin bisa baca artikel berikut ini https://semenindonesia.com/akan-jalani-assessment-center-ini-tips-lengkapnya/?lang=en
5. Selanjutnya ada Case Analysis. Ini dikerjakan masing-masing. Ada suatu cerita tentang perusahaan dan anda diminta melakukan audit. Nah, tugas anda menyusun Program kerja Audit, Memilih Anggota Tim, dan Cara melakukan Supervisi. Waktunya cukup panjang. Dikerjakan di Word aja dan dibuat ringkasan terlebih dahulu lalu kerjakan yang diminta sesuai format yang diberikan. Upayakan ada alasan setiap memilih tujuan audit/prosedur audit/anggota tim/cara supervisi karena akan ada persentasi dan anda akan diminta memaparkan yang telah anda kerjakan
6. selanjutnya psikotest PAPI Kostik. PAPI Kostick merupakan laporan inventori tes psikologi kepribadian (self report inventory), terdiri dari 90 pasangan pernyataan pendek berhubungan dalam situasi kerja, yang menyangkut 20 aspek kepribadian yang dikelompokkan dalam 7 bidang, yaitu : kepemimpinan (leadership), arah kerja (work direction), aktivitas kerja (work activity), relasi sosial (social nature), gaya bekerja (work style), sifat temperamen (temperament), dan posisi atasan-bawahan (followership silahkan dibaca link berikut ini https://psikotes-ui.blogspot.com/2017/03/pembahasan-soal-penjelasan-tes-PAPI-kostick-pdf-contoh-soal.html
7. selanjutnya membuat paparan atau slide powerpoint dan selanjutnya dipaparkan dan akan dichalenge oleh asesor. Laptop disediakan oleh Panitia Assesment.
Bahagianya pengalaman pertama mengikuti assesment ini. Apapun hasilnya, saya akan terima feedbacknya.
oh iya, sebelum ikutan assesment ini, pastikan mendaftar dan membayar biaya yang sekaligus feedbacknya.ingatkan bagian kepegawaian anda.
Auditor internal wajib meningkatkan kompetensinya baik kompetensi umum maupun teknis terutama kemampuan utamanya yaitu tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian intern.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar